Review Jurnal "The Utilization of Instagram as a Media Promotion : the Case Study of Library in Indonesia"

Review jurnal insaniyat

Assalamu'alaikum, hai teman-teman semua! Pada artikel kali ini Bungserrr mau corat coret sesuatu yang baru nih dan semoga bermanfaat bagi para pembaca Coretan Bungserrr. Kali ini Bungserrr mau mereview salah satu jurnal artikel yang membahas tentang pemanfaatan aplikasi instagram sebagai media promosi perpustakaan. Jurnal ini berjudul
"The Utilization of Instagram as a Media Promotion : the Case Study of Library in Indonesia" yang dapat kalian akses di https://doi.org/10.15408/insaniyat.v2i2.7320 . Simak pembahasan dibawah ini ya sobat Bungserrr!

Judul Jurnal                 : The Utilization of Instagram as a Media Promotion : the Case Study of Library in Indonesia
Nama Jurnal                 : Insaniyat : Jurnal of Islam and Humanities
Volume dan Halaman  : Vol. 2, No. 2, Hal. 147-159
Tahun                            : 2018
Penulis                           : Muhammad Azwar, Siti Sulthonah
Reviewer                       : Bunga Seroja
Tanggal review             : 23 November 2019

Tujuan Penelitian       : Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pemanfaatn dan hambatan dari instagram yang dijadikan sebagai media promosi di Perpustakaan Pustakalana, Bandung, Jawa Barat

Subjek Penelitian   : Subjek penelitian ini adalah administrator instagram Pustakalana dan koordinator Pustakalana

Metode Penelitian       : Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode triangulasi

Teknik Pengumpulan data : Penelitian ini menggunakan beberapa teknik pengumpulan data yaitu dengan wawancara, observasi, studi literatur dan dokumentasi

Analisis Data               : Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi penyajian data, reduksi data dan penarikan kesimpulan

Hasil dan Pembahasan : Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa Perpustakaan Pustakalana telah menggunakan atau memanfaatkan instagram sebagai media utama dalam kegiaan promosi perpustakaan, seperti mempromosikan kegiatan yang diselenggarakan oleh Perpustakaan Pustakalana, mempromosikan fasilitas yang ada di Perpustakaan Pustakaana, mempromosikan koleksi perpustakaan seperti koleksi buku yang populer dan direkomendasikan dan mempromosikan segala keuntungan yang didapatkan pemustaka jika datang ke Perpustakaan Pustakalana. Selain menjadikan instagram sebagai media promosi, Perpustakaan Pustakalana juga memanfaatkan instagram sebagai media intraksi atau komunikasi dengan para pemustaka yang mengikuti akun instagram Pustakalana dan berbagi informasi dengan cara memposting foto atau video kegiatan di Perpustakaan Pustakalana.
Dalam Mempromosikan perpustakaan, Perpustakaan Pustakalana memanfaatkan fitur-fitur yang disediakan oleh instagram seperti hashtag, followers, unggah foto dan video, tanda like dan fitur komentar untukberinteraksi dengan para pengikutnya. Dala memanfaatkan instagram sebagai media promosi, ada beberapa manfaat yang didapat oleh Perpustakaan Pustakalana diantaranya yaitu semakin banyak orang yang tahu keberadaan Perpustakaan Pustakalana dan jaringan kerjasama lebih meluas antara Perpustakaan Pustakalana dengan organisasi lain.
Selain mendapatkan manfaat dalam pemanfaatan instagram sebagai media promosi perpustakaan, Pustakalana juga mengalami beberapa hambatan seperti jumla like yang sangat sedikit dan tidak seimbang jika dibandingkan dengan jumlah followers di akun instagram Pustakalana. Selain itu Pustakalana juga kekurangan Sumber Daya Manusia (SDM) dalam mengelola Perpustakaan dan kegiatan promosi Perpustakaan.

Kelebihan Penelitian    : Kelebihan penelitian ini adalah tenik pengumpulan data menggunakanberbagai metode dan pengujianvaliditas dan kredibilitas data menggunakan metode triangulasi sehingga data yang dihasilkan memiliki keakuratan tingkat tinggi dari berbagai sudut pandang dan saling melengkapi satu sama lain.

Kesimpulan :

Selain berperan sebagai media komunikasi, aplikasi instagram juga bisa dimanfaatkn sebagai media promosi, salah satunya untuk kegiatan promosi Perpustakaan. Seperti yang sudah dilakukan oleh Perpustakaan Pustakalana yang memanfaatkan fitur-fitur instagram seperti unggah foto dan video, kolom komentar, fitur like dan pengikut. Pada penelitian ini, instagram terbukti sebagai media yang efektif untuk kegiatan promosi dilihat dari bertambahnya pngunjung Perpustakaan Pustakalana di setiap bulannya. Kegiatan promosi ini juga bisa dterapkan pada kamu yang lagi buka usaha nih, misalnya bagi kalian yang memiliki online shop bisa memanfaatkan instagram sebagai media promosi untuk produk-produk yang kalian jual.

Nah itu dia review jurnal dari Bungserrr, semoga review jurnal kali ini bermanfaat bagi kalian dan jika kalian ingin menemukan jurnal lainnya bisa cari di Journal UIN Jakarta . Disitu kalian bisa menemukan ribuan jurnal dan dapat di download secara GRATIS!
Happy Reading!

6 komentar:

  1. Keren nih, bisa jadi contoh buat review jurnalπŸ‘

    BalasHapus
  2. Jaman sekarang promosi udah gampang banget ya, keren abiezzz πŸ‘πŸ»πŸ‘πŸ»πŸ‘πŸ»

    BalasHapus
  3. terimakasih bungaa info review jurnalnyaa

    BalasHapus