Intip Mini Teater di Perpustakaan Kemendikbud beserta koleksi Audio visualnya


Perpustakaan Kemendikbud

Assalamu'alaikum, Hai teman-teman semua! Pada artikel kali ini Bungserrr akan membahas koleksi Audio Visual dan ruangan mini teater yang ada di Perpustakaan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan atau sering disebut sebagai Perpustakaan kemendikbud. Untuk sebagian orang, metode belajar dengan cara menonton video pembelajaran akan lebih mudah diingat dan dipahami ketimbang membaca buku yang terkesan monoton.
Nah buat kalian yang mau belajar sambil menonton video, Perpustakaan Kemendikbud adalah tujuan yang sangat tepat untuk kalian kunjungi. Selain menyediakan koleksi tercetak, Perpustakaan Kemendikbud juga menyediakan koleksi Audio Visual yang bisa dipinjam sekaligus bisa kamu tonton di dalam mini teater jika kamu sudah menjadi anggota perpustakaan. Mau tau koleksi Audio Visual apa aja yang ada di Perpustakaan Kemendikbud? Yuk cari tau pada pembahasan berikut ini!

  • Profil Perpustakaan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud)

Perpustakaan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) merupakan perpustakaan utama di lingkungan Kemendikbud yang dibuka secara resmi oleh Mentri Pendidikan Nasional pada 29 November 2004. Perpustkaan ini terletak di Pusat Kota Jakarta tepatnya di Jl. Jenderal Sudirman RT 1/RW 3 Gelora, Senayan, Kota Jakarta Pusat. Perpustakaan ini diharapkan bisa menjadi refrensi dalam bidang pendidikan dan kebudayaan dengan menyediakan akses informasi yang lengkap, baik dalam bentuk tercetak maupun digital.

Perpustakaan Kemendikbud dikelola secara Profesional dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam menunjang layanan kepada pemustaka. Perpustakaan berusaha meningkatkan kualitas layanan dengan selalu memperbarui koleksi dan layanan sesuai dengan kebutuhan pemustaka dan arah kebijakan Kemendikbud. Dengan keunggulan koleksi yang strategis dan nyaman, Perpustakaan Kemendikbud juga merupakan tempat aktifitas komunitas pendidikan dan kebudayaan dalam menyelenggarakan berbagai acara dan kegiatan secara rutin.

  • Koleksi Audio Visual di Perpustakaan Kemendikbud

Koleksi Audio visual adalah koleksi non-buku yang penggunannya bersentuhan dengan Teknologi informasi yang di dalamnya memuat informasi-informasi yang dapat dilihat dan didengar. Contoh koleksi audio visual yaitu seperti CD, CD ROM, kaset dan disket.
Selain berfungsi sebagai lembaga penyedia informasi, perpustakaan juga memiliki fungsi rekreasi. Penyediaan koleksi audio visual dan fasilitas penunjangnya merupakan salah satu usaha dari Perpustakaan Kemendikbud untuk memenuhi fungsi rekreasi perpustakaan guna memenuhi kebutuhan pemustaka. Koleksi audio visual yang tersedia di Perpustakaan Kemendikbud ada 24.048 koleksi yang terdiri dari:
koleksi audio visul di perpustakaan kemendikbud
Rak koleksi audio visual
  1. Film dalam bentuk kaset dan CD, seperti film anak, flm populer (Ayat-ayat cinta, AADC, dll)
  2. Bahan pembelajaran, yang terdiri dari buku teks yang disertai dengan CD penjelasannya
  3. Sound recording yang berbentuk kaset, seperti sound record TOEFL, sound record listening Bahasa Inggris, musik, dll.
Kolesi Audio Visual disini tersusun rapih di rak, tetapi yang disusun di rak hanyalah kotak atau cover dari masing-masing koleksi tesebut. Bagi pemustaka yang ingin meminjam koleksi Audio Visual bisa membawa cover koleksi yang ingin dipinjam dari rak dan membawanya ke meja sirkulasi dan pustakawan akan membantu mengambilkan isi dari koleksi tersebut. Hal ini dilakukan untuk mencegah dan meminimalisir resiko hilangnya koleksi. Jumlah koleksi yang dapat dipinjam yaitu maksimal 3 buku (koleks tercetak) dan 2 koleksi audio visual.
  • Fasilitas Penunjang Koleksi Audio Visual
Demi kenyamanan dan kemudahan dalam mengakses koleksi audio visual bagi pemustaka, perpustakaan Kemendikbud menyediakan beberapa fasilitas penunjang kolesi audio visual yaitu :
  1. 5 PC komputer yang dilengkapi dengan headphone
    komputer
    komputer di PerpusDikbud
  2. DVD
    DVD
    DVD di PerpusDikbud
  3. Tape player
    Tape Player di PerpusDikbud
  4. Mini Teater
    mini teatr perpustakaan kemendikbud

Satu hal yang menarik yaitu adanyamini teater yang terletak di pojok kiri perpustakaan. Teater ini memiliki kapasitas sebanyak 27 orang. Mini teater ini boleh dipakai oleh siapa saja dan bebas biaya, satu-satunya syarat agar kamu bisa memakai teater ini yaitu harus booking tempat dengan mengajukan surat peminjaman teater. Hal ini dilakukan agar tdak terjadinya antrian di luar ruang teater dan agar tidak terjadi perebutan tempat. Bagi pemustaka yang ingin langsung nonton film di prpustakaan Kemendikbud tanpa harus mengajukan surat, bisa memanfaatkan komputer yang sudah disediakan. Bagi kalian yang ingin melihat perpustakaan Kemendikbud secara keseluruhan bisa lihat disini yah! ada banyak informasi menarik tentang Perpustakaan kemendikbud di link tersebut.

Nah, itu dia jenis koleksi Audio Visual dan mini teater yang ada di Perpustakaan Kemendikbud Ayo ke Perpustakaan Kemendikbud! ajak temen kamu nonton bareng film favourite di Perpustakaan Kemendikbud dan rasakan sensasinya!

17 komentar:

  1. Wah saya baru tau di perpus kemendikbud ada mini teaternya. Jadi mau cobain deh. Thx infonya ka

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo ke perpustakaan Kemendikbud, tempatnya nyaman lho, ada perpustakaan anak nya juga

      Hapus
  2. Balasan
    1. Wah klo begitu bisa mampir dong ke perpustakaan kemendikbud

      Hapus
  3. Ya ampun.. kapan ya terakhir kali aku ke perpus. Kayaknya pas masih kuliah. Perpusnya kemendikbud keren ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Keren dong ka, tempatnya nyaman bangettttt. Yuk ke perpustakaan lagi

      Hapus
  4. Wah keliatannya menarik untuk dikunjungi. Dari dulu mau kesana cuma belum sempat, hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klo ada waktu senggang, cobain deh ka ke perpustakaan kemendikbud. Tempatnya nyaman, instagramable juga bisa buat foto foto hehe

      Hapus
  5. wah informatif banget, makasih ya... jangan lupa cek blog aku juga ya teman-teman😏

    BalasHapus
  6. wah keren. makasi infonya kak

    BalasHapus
  7. wahhh sangat informatif, jadi mau kesitu.. terima kasih infonya!!

    BalasHapus
  8. Wah informatif banget. Makasih kak infonya

    BalasHapus
  9. Wha kapan ya aku diajak bungser nonton di mini teater

    BalasHapus