Mengelilingi lantai 16 Perpusnas RI dan spot-spot instagramable-nya

lantai 16 Perpusnas (Coretan Bungserrr)

Assalamu'alaikum, hai teman-teman semua! Pada kesempatan kali ini, Bungserrr akan grebek perpustakaan lagi nih, perpustakaan mana sih yang mau di grebek? kali ini Bungserrr mau grebek Perpustakaan Nasional RI (Perpusnas). Seperti yang sudah kita ketahui, Perpusnas terdiri dari 27 lantai dengan 3 lantainya adalah basement. Dari 27 lantai tersebut, Bungserrr memilih untuk grebek lantai 16. Kenapa sih milih lantai 16? ada yang bisa tebak? penasaran gak? Nah, pembahasan kali ini akan menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut karena Bungserrr akan mengupas tuntas lantai 16 Perpusnas mulai dari koleksi, layanan, sampai fasilitas yang disediakan untuk pemustaka. Langsung aja yuk simak pembahasan berikut ini!

Pada era millenial seperti sekarang ini, hampir setiap orang berlomba-lomba memiliki foto yang aesthetic dengan latar belakang yang instagramable untuk di upload ke social media khusunya instagram. Dengan adanya trend tersebut, banyak pustakawan yang memanfaatkan trend instagramable untuk meningkatkan minat masyarakat agar berkunjung ke perpustakaan. Nah, Perpustakaan Nasional RI (Perpusnas) ini merupakan salah satu perpustakaan yang memiliki desain tata ruang yang menarik dan banyak spot-spot yang instagramable. Salah satu spot foto yang instagramable ada di lantai 16 Perpusnas loh!  

Sebelum mengulas lantai 16, sebaiknya kita mengenal kulitnya dulu yah😁. Hari gini siapa sih yang nggak tau perpusnas? Perpustakaan Nasional RI terletak di Jl. Medan Merdeka Selatan No. 11 Gambir, Jakarta Pusat. Perpusnas di klaim sebagai perpustakaan tertinggi di dunia dengan ketinggian mencapai 126,3 meter. Bangunan ini memiliki total bangunan sebanyak 27 lantai dengan 3 lantai ruang bawah tanah. Berbagai jenis koleksi ada di perpustakaan ini mulai dari koleksi buku umum, buku langka, buku braile, koleksi audio visual dan masih banyak lagi. Setiap lantai di Perpusnas menyimpan koleksi yang berbeda-beda, yaitu sebagai berikut :

perpusnas
Daftar layanan di setiap lantai

Nah, yang menarik perhatian saya yaitu lantai 16. Kenapa harus lantai 16? Nah, saya akan membeberkan alasan saya memilih lantai 16 dibawah ini. 

Ada koleksi apa aja sih di lantai 16 Perpusnas?

  • Koleksi Foto
Awalnya koleksi foto yang ada di Perpusnas merupkaan hasil reprografi dari koleksi buku langka dan majalah langka. Seiring waktu, koleksi foto di Perpusnas berkembang dan mendapat tambahan koleksi foto hibah dari Yayasan Idayu dan dari koleksi foto Indonesia Press Photo Service (IPPHOS). Kedua lembaga ini memiliki koleksi foto antara tahun 1945-1980 an. Koleksi foto mereka sangat unik dan menarik, diantaranya foto-foto perjuangan para tokoh bangsa semasa perang kemerdekaan, foto Presiden Soekarno di berbagai kegiatan dan juga kegiatan masyarakat pada saat itu sampai masa pemerintahan Soeharto.
  • Koleksi Peta
Ada banyak koleksi peta yang tersedia di Perpusnas, sampai tahun 2017 terhitung jumlahnya kurang lebih sebanyak 36.459 eksemplar peta dan 205 eksemplar atlas. Peta-peta yang tersedia disini mulai dari koleksi peta kuno sampai peta saat ini. Peta tertua yang ada di Perpusnas adalah Peta Batavia yang diterbitkan pada tahun 1669. Berbagai jenis peta yang tersedia di Perpusnas antara lain peta geologi, peta topografi, peta pertambangan, peta pertanian dan juga ada peta tiga dimensi.
  • Koleksi Lukisan
Sebagian besar koleksi lukisan di Perpusnas merupakan reproduksi dari lukisan arkeologi Indonesia. Koleksi lukisan di Perpusnas sampai tahun 2017 berjumlah kurang lebih 523 lukisan. Ada beberapa lukisan yang merupakan hadiah dari Perpustakaan Nasional Inggris (The British Library) pada tahun 1955 yang lukisan aslinya masih disimpan di Inggris.

Dari ketiga jenis koleksi yang ada di lantai 16, hanya peta dan atlas yang bisa kamu pinjam untuk dilihat di tempat. Sementara, untuk koleksi foto dan lukisan hanya bisa dilihat yang sudah terpajang saja. Bagi kalian yang ingin melihat peta di perpusnas, kalian harus terlebih dahulu mengisi formulir peminjaman yang bisa kalian minta di bagian sirkulasi. Kalian harus mengisi formulir itu dengan lengkap ya, terutama pada nomor panggilnya. Nomor panggil untuk koleksi peta bisa dilihat pada katalog buku yang disediakan di meja-meja besar dekat area sirkulasi atau bisa juga lihat di katalog online perpusnas disini

FYI, untuk bisa ke lantai 16 ini kalian harus terlebih dahulu menjadi anggota Perpusnas ya! karena ketika kamu memasuki ruangannya, pustakawan akan menyambut sekaligus meminta kartu anggota kamu.

Fasilitas apa saja yang tersedia di lantai 16 Perpusnas?

  • 1 PC Komputer katalog (OPAC)
Komputer OPAC ini berada di area sirkulasi, kalian bisa menggunakan komputer ini untuk menelusuri katalog online perpusnas

Komputer OPAC Perpusnas
OPAC Perpusnas
  • Katalog buku
Katalog buku ini tersedia di meja-meja besar di depan area sirkulasi. Katalog buku ini hanya untuk katalog koleksi peta saja. Untuk katalog koleksi atlas bisa kalian lihat di OPAC Perpusnas
                 
                        Katalog buku perpusnasKatalog buku perpusnasKatalog buku perpusnas

  • Ruang baca
Ruang baca di lantai 16 ini sangat nyaman, ada banyak sofa, kursi dan meja yang tersedia. Dibawah meja juga terdapat stop kontak loh!  

Ruang baca lantai 16 Perpusnas
Ruang baca lantai 16 Perpusnas
  • Ruang diskusi
Terdapat dua ruang diskusi di lantai 16 ini yang berkapasitas untuk 8 orang. Ruang diskusi ini kedap suara jadi kalau kamu mau kerja kelompok disini dengan fokus bisa banget!

Ruang diskusi kelompok
Ruang diskusi kelompok
  • Wifi gratis
Wifi ini tersedia di seluruh gedung Perpusnas ya, Gratis dan kecepatan internetnya juga lumayan. Cocok banget buat kamu yang lagi ngirit kuota HAHAHA

SSID : National Library of Indonesia
Password   : smartlibrary 
  • Toilet
Nggak perlu pusing nyari toilet, karena di lantai 16 ini sudah ada toilet laki-laki dan perempuan loh

  • Ruang pameran lukisan dan foto
Nah ini dia salah satu spot yang instagramable di lantai 16. Kamu bisa berfoto dengan latar belakang lukisan-lukisan keren 

Ruang pameran lukisan di Perpusnas
Berfoto di ruang pameran lukisan

Ruang pameran lukisan di Perpusnas
Ruang pameran lukisan di Perpusnas
  • Pemandangan monas dan sekitarnya dari atas
Selain pameran lukisan, pemandangan monas dari atas nggak kalah indah loh! lihat aja foto dibawah ini 😃

Pemandangan dari lantai 16 Perpusnas
Pemandangan dari lantai 16 Perpusnas
  • Jodoh bila beruntung😝
Yah kali aja kamu ketubruk jodoh kamu disini, jadi deh cerita FTV "Cintaku bersemi di Perpusnas" 😍

Untuk memenuhi kebutuhan visual kalian, Bungserrr udah bikin video grebek lantai 16 Perpusnas loh. Semuanya sudah saya rangkum dalam video ini!



Nah, itu dia keseruan Bungserrr mengelilingi lantai 16 Perpusnas. Sudah terjawab kan pertanyaan kalian kenapa saya memilih lantai 16? hehe. Jangan tunda-tunda lagi deh Ayo Buruan datang ke Perpusnas!

11 komentar:

  1. Saya jadi pengen deh ke perpusnas, soalnya belom pernah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo dong ke perpusnas, selain koleksinya lengkap, tempatnya juga nyaman loh

      Hapus
  2. wah keren banget perpusnas. terimakasih infonya mba :)

    BalasHapus
  3. Wahhh makasih infonya kak. Kebetulan belum pernah keperpusanas. Next time akan kesana dehhh:)

    BalasHapus
  4. Asikkk banget deh kayaknya jalan-jalan di perpusnas hehehe

    BalasHapus
  5. Sy snank skl ke perpusnas hny sj liftny lama bgt mba bunga,,, sy kan tdk sbr yh,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau weekend banyak pengunjungnya mba, jadi lift nya ngantri deh:(

      Hapus